Nama : DESTA NATALIA
TEMA : BANJIR BANDANG TERJANG DAERAH SEKITARNYA
Npm: 1931090046
Kelas: 2A/ Sosiologi Agama

BANJIR BANDANG TERJANG DAERAH SEKITARNYA

Banjir bandang yang terjadi menerjang empat kecamatan di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, Kamis(9/1). Penyebabnya, curah hujan tinggi dan sungai yang meluap.
Kepala bidang penanggulangan kedaruratan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Sumatera Selatan Ansori mengatakan banjir itu merendam kecamatan pulau pinang, pseksu, Gumay Talang, dan kikim timur. Delapan rumah warga terseret arus. Selain itu seorang warga tercatat hanyut.
Satu warga dikecamatan merapi Barat dilaporkan hilang karena hanyut dan satu ini masih dilakukan pencarian.
Bpk,Anshori menyatakan ketinggian air banjir di empat kecamatan tersebut rata-rata mencapai 70 sentimeter. Ini tak lepas dari hujan deras sebelumnya terjadi dilahat pada Rabu (8/1) malam hingga kamis pagi (9/1) pagi.
Selain banjir, longsor pun terjadi. Akses jalan antara desa lubuk tube, lubuk Atung, dan muara cawang, hingga saat ini masih tertutup material longsor dan tidak bisa dilalui. Jalan-jalan pagar alam-lahat di pulau pinang ini terputus, maka lalu lintas dialihkan melalui jalan gumay ulu. Penyebab banjir sendiri karena air dari sungai Empayang meluap. Yang paling parah banjirnya terjadi di desa gunung kembang. Jalan nasional lintas kota pagar alam dan lahat pun tertutup dikecamatan pulau pinang. Ansori berujar gubernur sumsel Herman deru sudah mengeluarkan surat edaran kepada bupati/walikota untuk mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor seiring meninggkatnya curah hujan.
 Jadi ini semua adalah contoh dampak kerusakan lingkunan hidup yang bisa terjadi dimana saja, kerusakan lingkungan hidup di indonesia baik di desa maupun dikota semakin hari semakin parah. Kondisi tersebut secara langsung telah mengancam kehidupan manusia. Tingkat kerusakan alam pun meninggkat risiko bencana alam seperti banjir yang menerjang perumahan di daerah lahat sumsel. Penyebab terjadinya kerusakan alam dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu: akibat peristiwa alam dan akibat ulah manusia. Kerusakan lingkungan yang terjadi di sekitar masyarakat dapat diartikan sebagai proses deteriorasi atau penurunan mutu( kemunduran) lingkungan. Kerusakan lingkungan hidup memberikan dampak yang susah bagi masyarakat yang telah mengalami banjir longsor dan sebagainya yang di tandai dengan hilang nya rasa kesadaran untuk membersihkan sampah disekeliling rumah sungai dan di daerah lainnya dan kerusakan ekosistem. Kerusakan lingkungan yang berdampak bagi masyarakat sekitar memberikan dampak yang sangat mengancam keselamatan warga yang terkena banjir.
B. PENYEBAB KERUSAKAN DAN DAMPAK YANG TERJADI
Penyebab kerusakan yang terjadi di sekitaran lahat sumsel bisa dikategorikan sebagai faktor: alam dan ulah manusia itu sendiri. Meluapnya air sungai yang menyebabkan banjir menerjang rumah warga merupakan contoh kerusakan di lingkungan hidup. Bencana-bencana tersebut menjadi penyebab rusaknya alam sekitar. Meskipun jika diteelah lebih lanjut, bencana seperti banjir tanah longsor bisa saja terjadi karena adanya campur tangan manusia juga yang tidak bisa menjaga kebersihan disekitaran sungai. Penyebab rusaknya juga bisa disebabkan oleh manusia yang justru lebih besar dibanding kerusakan akibat curah hujan yang deras dan meluap cenderung meninggkat. Pada dasarnya bisa terjadi banjir itu adalah curah hujan yang deras dan juga didasari oleh banyak nya sampah yang ada di sungai dan sekitaran rumah warga, maka dari kita harus menjaga kebersihan supaya tidak menyebabkan banjir yang seperti ini lagi.
Beberapa fakta terkait tingginya kerusakan lingkunggan yang terjadi di daerah Lahat Sumsel :
Delapan rumah warga tersesat arus. Selain itu, seorang warga tercatat hanyut.
Satu warga dikecamatan merapi barat dilaporkan hilang karena hanyut dan satunya masih dilakukan pencarian.
Terjadinya longsor di antara desa lubuk tube, lubuk Atung, dan Muara Cawang, hingga saat ini masih tertutup material longsor dan tidak bisa dilalui.
Jalan-jalan pagar alam lahat dipulau pinang terputus.
Satu unit mobil pikap tertimbun dan Meredamnya kecamatan pulau pisang, pseksu, Gumay dan Talang.
Contoh Gambar yang terjadi pada saat banjir di Lahat Sumsel :






Beberapa contoh kalimat opini tentang kerusakan banjir terjang daerah Sumsel :
1. Sampah di sekitaran sungai dan rumah diduga kuat menjadi sumber dari tercemarnya sungai ini.
2. Menumpuknya sampah di sungai Lahat menjadi penyebab utama terjadinya banjir.
3. Kesadaran warga lahat untuk turut serta menjaga lingkungan mulai meningkat.


Opini menurut saya tentang banjir adalah bencanda alam yang banyak merugikan warga Lahat baik manusia yang mendapatkan banjir disekitar daerahnya, namun sebelum terjadinya banjir juga merupakan ulah manusia yang telah teledor dalam merawat alam, banjir sendiri  biasanya terjadi karena hujan yang sangat deras ataupun tidak adanya tempat untuk penyerapan pohon-pohon perlu kita ketahui dijaman sekarang terkhusus dikota sendiri banyaknya bangunan sserta sampah yang menggunung akibat pembuangan yang seenaknya membuat tempat untuk penyerapan air tidak ada. Bisa juga karna manusia kurang perhatian akan lingkungan disekeliling nya.

Komentar